8 Jenis Surga dan Tingkatannya Dalam Islam

4 min read

8 Jenis Surga dan Tingkatannya
2.3
(4)

8 Jenis Surga dan Tingkatannya Dalam Islam – Hidup di dunia ini sangatlah fana. Pada hakikatnya tujuan hidup adalah untuk mencapai kebahagiaan di akhirat. Dutadakwah di galaman ini akan menerangkannya. Dalam Islam, ada beberapa jenis surga dan juga tingkatannya yang sesuai dengan amal perbuatan yang kita kerjakan selama di dunia.

8 Jenis Surga dan Tingkatannya Dalam Islam

Surga merupakan tempat bagi hamba-hamba Allah SWT yang beriman kepada-Nya. Orang yang melaksanakan perintah Allah SWT, menjauhi segala larangan-Nya Akan Manjadi Penghuni Surga. Surga adalah suatu tempat yang memberikan kenikmatan yang belum pernah dirasakan ketika hidupnya di dunia. Surga adalah sebagai balasan untuk usahanya dalam memenuhi perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

Jenis-jenis Surga

Dalam Al-Qur’an surga dinamai dengan jannah (jamak-jannat) jannah itu seluas bumi dan langit. Di dalam islam, surga memiliki beberapa jenis sesuai dengan kebaikan-kebaikan tertentu yang dilakukan oleh orang-orang. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini:

Adapun jenis-jenis dan tingkatan surga dalam Islam adalah sebagai berikut:

1. Surga Firdaus

Surga firdaus adalah surga yang tertinggi dalam Islam. Firdaus ini diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Semua orang pasti menginginkan dan mendambakan surga firdaus. Adapun kriteria penghuninya seperti yang dijelaskan di dalam ak-Qur’an surat Al-Mukminun ayat 1-11.

Yang artinya: “Sesungguhnya beruntunglah individu individu yang beriman,.(yaitu) individu individu yang khusyu’ dalam sembahyangnya, dan individu individu yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan individu individu yang menunaikan zakat, dan individu individu yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri isteri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki.”

  • Individu yang beriman dan khusyu dalam shalat
  • Individu yang tidak melakukan perkataan dan perbuatan yang tidak berguna

yaitu perkataan atau perbuatan kotor bahkan sesuatu yang membawa bahaya dan kemudharatan. Jika kita memang tidak memiliki sesuatu yang bermanfaat untuk di katakan maka lebih baik diam saja sesuai seperti sabda rasulullah Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al Bukhari, no. 6018  Muslim, no.47)

  • Pribadi yang selalu mengeluarkan zakat, baik zakat fitrah mauoun zakat maal
  • Pribadi yang menjauhklan diri dari perbuatan zina
  • Individu yang memelihara amanahnya
  • Individu yang memelihara shalatnya
Baca Juga :  Bagaimana Hukum tidak Percaya Pada Hari Akhir?

2. Surga ‘Adn

Surga selanjutnya adalah surga ‘adn yaitu diciptakan oleh Allah SWT dari intan putih yang tidak kalah indahnya dengan jenis surga yang pertama yaitu firdaus. Penghuni surga ‘adn adalah orang-orang yang sebagai berikut:

  • Individu yang sabar, yang mendirikan shalat, suka bersedekah, tidak melakukan kejahatan. Seperti di dalam Al-qur’an surat Ar-ra’du 22-24

Dan individu individu yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan  individu individu itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),

(yaitu) jenis surga dalam islam Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama sama dengan individu individu yang saleh dari bapak bapaknya, istri istrinya dan anak cucunya, sedang malaikat malaikat masuk ke tempat tempat mereka dari semua pintu  (sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu

Firman Allah:

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ وَالمَلاَئِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِم مِّن كُلِّ بَابٍ،  سَلاَمٌ عَلَيْكُم بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ    

Artinya: “(yaitu) syurga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu. sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum” . Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu”. (QS. Ar-Ra’du ayat 23-24)

  • Individu yang bertaubat, beriman, dan beramal shaleh

Seperti di dalam Al-Qur’an surat Maryam ayat 60-61 

إِلَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحاً فَأُوْلَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ شَيْئاً، (٦٠) جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدَ الرَّحْمَنُ عِبَادَهُ بِالْغَيْبِ إِنَّهُ كَانَ وَعْدُهُ مَأْتِيّاً (٦١)﯁

Artinya: “Kecuali individu yang bertobat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk jenis surga dalam islam dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikit pun. yaitu jenis surga dalam islam Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba hamba Nya, sekalipun (jenis surga dalam islam itu) tidak nampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati.” QS. Maryam : 60-61

Dan di dalam Qs. Thaahaa ayat 75-76

وَمَنْ يَأْتِهِ مُؤْمِناً قَدْ عَمِلَ الصَّالِحَاتِ فَأُوْلَئِكَ لَهُمُ الدَّرَجَاتُ الْعُلَى (٦٥)  جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَذَلِكَ جَزَاء مَن تَزَكَّى (٧٦)﯁

Artinya: “Dan barang siapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh sungguh telah beramal saleh, maka mereka itulah individu individu yang memperoleh tempat tempat yang tinggi (mulia),  (yaitu) syurga ‘Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).” (QS. Thaahaa : 75-76)

  • Individu yang selalu berbuat baik
Baca Juga :  Hari Yang Dilarang Melakukan Puasa Dalam Islam

Didalam Qs. Fatir ayat 32 -33

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ وَمِنْهُم مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ (٣٢) جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤاً وَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ (٣٣)﯁

Artinya: “Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada individu individu yang Kami pilih di antara hamba hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar. (Bagi mereka) jenis surga dalam islam Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera.” (QS. Faathir : 32-33)

3. Surga Na’im

Surga Na’im diciptakan oleh Allah SWT dari perak putih. Adapun p[enghuninya adalah sebagai berikut:

  • Insan yang beriman dan beramal shaleh
  • Insan yang bertawa

Seperti di dalam Al-Qur’an surat Al-Qalam ayat 34:

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ عِندَ رَبِّهِمْ جَنَّاتِ النَّعِيمِ(٣٤)﯁

yang artinya: “Sesungguhnya bagi individu individu yang bertakwa (disediakan) jenis surga dalam islam yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.”(QS. Al Qalam : 34)

4. Surga Ma’wa

Diciptakan oleh allah SWT dari zamrud Hijau. Penghuninya adalah sebagai berikut:

  • Individu yang benar-benar beriman dan beramal shaleh
  • Individu yang takut kepada kebesaran Allah SWT dan bisa menahan hawa nafsu yang buruk

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى  (٤٠) فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى (٤١)﯁

Artinya: Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal(nya). (QS. An-Nazi’at : 40-41)

5. Surga Darussalam

Diciptakan oleh Allah SWT dari yakut merah. Penghuni surga darussalam ini sebagaimana diterangkan di dalam surat Al-An’am ayat 127

Baca Juga :  Hukum Badal Haji Sesuai Dengan Ajaran Islam

لَهُمْ دَارُ السَّلاَمِ عِندَ رَبِّهِمْ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُواْ يَعْمَلُونَ (١٢٧)﯁

Artinya: “Bagi mereka (disediakan) darussalam (syurga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan”. (QS. Al-An’am : 127)

Firman Allah dalam surat Al-An’am

Allah menegaskan sebagamana FirmanNya dalam surat Al-An’am ayat 125 – 127 sebagai berikut:

فَمَن يُرِدِ اللّهُ أَن يَهْدِيَهُ يَشْرَحْ صَدْرَهُ لِلإِسْلاَمِ وَمَن يُرِدْ أَن يُضِلَّهُ يَجْعَلْ صَدْرَهُ ضَيِّقاً حَرَجاً كَأَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِي السَّمَاء كَذَلِكَ يَجْعَلُ اللّهُ الرِّجْسَ عَلَى الَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ (١٢٥) وَهَـذَا صِرَاطُ رَبِّكَ مُسْتَقِيماً قَدْ فَصَّلْنَا الآيَاتِ لِقَوْمٍ يَذَّكَّرُونَ (١٢٦)  ﯁

Artinya: Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya , niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang mengambil pelajaran. (QS. Al-An’am : 125-126)

Begitulah Allah menimpakan siksa kepada individu individu yang tidak beriman. Dan inilah jalan Tuhanmu  (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat ayat (Kami) kepada individu individu yang mengambil pelajaran. Bagi mereka (disediakan) Darussalam (jenis surga dalam islam) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal amal saleh yang selalu mereka kerjakan. (Qs. Al an’aam ayat 125 -127)

  • Individu yang kuat iman Islamnya
  • Individu yang memperhatikan ayat Al-qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari karena Allah SWT.

6. Surga Darul Muqamah

Yaitu diciptakan oleh Allah SWT dari permata putih. Penghuninya adalah individu yang selalu berbuat kebaikan dan sedikit melakukan kesalahan

7. Surga Al-Maqamul Amin

Surga yang diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Penghuninya yaitu individu yang keimanannya telah mencapai muttaqin yakni individu yang benar-benar bertaqwa kepada Allah.

8. Surga Khuldi

Diciptakan oleh Allah SWT dari marjan merah dan kuning. Penghuninya adalah individu yang taat menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya.

8 Jenis Surga dan Tingkatannya
8 Jenis Surga dan Tingkatannya

Demikianlah penjelasang singkat mengenai 8Jenis Surga dan Tingkatannya Dalam Islam Semoga kita senantiasa selalu berbuat kebaikan dan semoga artikel ini dapat dijadikan motivasi untuk kita semua agar kita lebih semangat lagi dalam berlomba-lomba mencari ridho Allah SWT. Dan kelak berada di surganya Allah. Aamin. Terimakasih.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5