Ketergantungan Manusia Zaman Sekarang Terhadap Smartphone

 Ketergantungan Manusia Zaman Sekarang Terhadap Smartphone

 Ketergantungan Manusia Zaman Sekarang Terhadap SmartphoneDi era modern ini kata handphone sudah tak asing lagi. Pada zaman sekarang yang dinamakan era modern handphone menjadi salah satu alat yang harus dimiliki oleh manusia. Handphone kini menjadi suatu kewajiban pokok yang harus dimiliki. Bahkan pada zaman sekarang anak anak dibawah usia 3 tahun saja sudah memiliki handphone. Jika dipresentasikan, sekitar 99% sudah memiliki handphone dan menggunakannya. jika dilihat dari survei anak anak dibawah usia 3 tahun sudah pandai menggunakannya.

Yang paling dikhawatirkan dari pengguna handphone ini adalah pengguna seusia remaja di bawah umur dan pengguna seusia anak anak. Mengapa demikian ? iya dikarenakan dampak dari handphone ini sangat besar terutama kepada remaja dan anak anak. Mereka seharusnya berada dibawah pengawasan orang tua dalam menggunakan alat komunikasi ini. Orang tua seharusnya juga lebih perhatian dan memberikan sedikit pembelajaran dari dampak menggunakan hp ini kepada anak mereka, supaya mereka lebih tau apa guna dan dampak dari menggunakan handphone ini.

Dampak-dampak dari alat komunikasi ini yaitu ada 2 dampak negatif dan dampak positif. Sekarang kita akan membahas dampak negatif daripada handphone ini. Dampak negatif ini berlaku pada remaja dan anak anak. Dampak negatifnya yaitu pada kesehatan mental remaja. Dilihat dari sekarang para remaja menggunakan hp untuk membuka website yang sangat sangat tidak berguna mereka, contohnya situs video yang tidak pantas. Kenapa bisa merusak kesehatan mental mereka ?

Karena ini menyebabkan mereka bisa meniru hal tersebut yang bisa dikatakan hal hal yang seharusnya tidak dilakukan, mereka juga bisa memiliki ketergantungan akan hal tersebut seperti jika mereka tidak menonton hal hal tersebut, mereka akan merasa bahwa ada yang kurang dari mereka hari ini. Dampak lainnya yaitu ketergantungan mereka terhadap game. Pada zaman sekarang remaja bahkan anak anak pun sudah sangat mahir dalam bermain game. Jika dihitung mereka akan menghabiskan 99% waktu mereka dalam game mobile online ini. Itulah beberapa contoh dampak negatif dari hp.

Dampak positif dari alat komunikasi itu adalah para remaja menjadi update akan suatu informasi, bisa menciptakan inovasi inovasi baru di era ini, mereka juga bisa mengerjakan tugas dengan mencari berbagai referensi dari internet. Pada anak anak dampak positifnya adalah mereka menjadi lebih tau suatu hal, misalnya mereka lebih tau alphabet di usia mereka yang mungkin bisa dikatakan cukup dini.

Bisa dilihat anak anak zaman sekarang sangat pandai berbahasa asing, ya itu dikarenakan mereka dari kecil sudah terbiasa menonton video video edukasi yang berbahasa asing. Inilah dampak dampak dari alat komunikasi ini. Hp memiliki kekurangan dan kelebihan yaitu dilihat dari dampak dampaknya. Maka dari itu bijaksanalah dalam menggunakan hp dan dianjurkan bahwa anak anak bisa menggunakan hp jika itu dibawah pengawasan orang tua. Orang tua juga wajib memberikan edukasi edukasi tentang penggunaan hp ini terhadap anak anak mereka supaya mereka bisa lebih hati hati dalam menggunakan hp ini