Era Digital Pada Pendidikan

Pengaruh Era Digital Terhadap Suatu Sistem Pendidikan Saat Ini

Pada saat ini teknologi semakin berkembang, pengaruhnya pu  tidak dapat kita hindari lagi. Pada saat ini teknologi digital sangat mempengaruhi kehidupan kita saat ini termasuk dalam pendidikan sekarang. Arus informasi, hoax dan lainnya pun tidak dapat kita hindari lagi. Karena mengontrol arusnya saja pun tidak dapat kita kontrol dengan mudah.

Dengan terdapatnya informasi yang sangat cepat sekarang, seharusnya dapat memudah kan pendidikan pada zaman sekarang. Tetapi, yang terjadi saat ini tidaklah begitu. Cepatnya informasi di masa sekarang ternyata tidak dapat selalu berakibat positif kepada seseorang.

Dalam segala hal pasti memiliki dampak positif dan juga dampak negatifnya termasuk di masa sekarang ini. Teknologi dan informasi yang kita peroleh sekarang pun memiliki dampak positif dan juga dampak negatifnya. Ternyata di samping itu semua, kemajuan daripada teknologi ini memiliki dampak negatif yang sudah sering kita lihat maupun kita rasakan sendiri. Teknologi informasi ini memiliki dampak negatif yang timbul dalam keseharian kita dan juga pada dunia pendidikan. Diantaranya, yakni:

 

  • Teknologi dapat membuat siswa dan siswi tidak lagi mau fokus pada pembelajaran 

Majunya teknologi maupun  informasi ini memberikan banyak sekali hal yang menarik siswa siswi untuk melihat maupun membacanya. Banyaknya informasi yang menarik bagi siswa dan siswi di internet kadang pula dapat membuat siswa siswi tidak fokus pada pembelajaran lagi. Terkadang juga, yang terlihat fokus pada pembelajaran ternyata pikirannya melenceng pada dunia maya ataupun media sosial yang ia miliki.

 

  • Membuat siswa dan siwi lebih tertarik pada Game online 

Pada saat ini banyak sekali Game online yang viral. Yang membuat siswa dan siswi memainkan Game tersebut. Game online juga dapat berpengaruh pada sistem belajar pada saat ini. Jikalau siswa dan siwi lebih suka memainkan Game online daripada belajar ini dapat menurunkan minat belajar pada siswa dan siswi

 

  • Teknologi membuat siswa maupun siswi menurunkan minat belajarnya

Seperti yang telah di katakan diatas, banyaknya informasi menarik ataupun banyaknya Game online yang menarik dapat membuat siswa dan siwi menjadi malas untuk belajar. Mereka akan lebih tertarik untuk memainkan Game online ataupun melihat dan mempelajari sesuatu di media sosial tersebut maupun itu hal yang baik ataupun hal yang buruk.

 

  • Siswa dan siswi dapat lebih mudah terpengaruh oleh pergaulan bebas dari luar

Teknologi yang berkembang sekarang membuat banyak pengaruh masuk dengan bebas dan juga sangat sulit untuk dihentikan. Inilah penyebab banyaknya pengaruh bebas masuk di kalangan siswa dan siswi sekarang.

 

Masih banyak dampak dan efek negatif yang dapat dilakukan oleh media sosial sekarang yang berpengaruh terhadap pendidikan siswa dan siswi.