Manfaat dari temulawak

Khasiat Dan Manfaat Dari Temulawak Yang Baik Untuk Kesehatan

Temulawak merupakan salah satu tanaman asli dari indonesia yang mempunyai bentuk yang mirip dengan rempah kunyit. Temulawak ini mempunyai nama latin cucuma xanthorrhiza. Temulawak biasanya memiliki bentuk seperti silinder dengan memiliki diameter 6 cm. Pada umumnya rempah temulawak ini mempunyai kulit yang memiliki warna kuning muda.

Temulawak ini adalah salah satu dari banyak tanaman monokotil . seperti tanaman monokotil pada umumnya tanaman ini memiliki akar yang tunggal. Akar rempah temulawak ini adalah akar rimpang. Rimpak merupakan salah satu bagian dari batang yang terdapat pada bagian bawah atau di dalam tanah. Rimpang juga banyak disebutkan sebagai umbi akar ataupun umbi batang. Temulawak memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Rimpang pada temulawak memiliki kandungan kandungan antara lain: pati, selulosa, lemak, mineral, minyak atsiri, kurkuminoid, dan juga protein. Pati adalah salah satu komponen yang sangat besar yang terdapat dalam rimpang pada temulawak. Pati pada umumnya memiliki warna putih kekuningan karena memiliki kandungan kurkumin di dalamnya.

Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam temulawak antara lain adalah abu, protein, lemak, serat, karbohidrat, kurkumin, kalium, natrium,zat besi, mangan, kadmium, kalsium, dan juga magnesium. Tak hanya itu terdapat tiga zat yang aktif yang terdapat dalam kandungan rimpang pada temulawak yaitu: Germakro, Tumeron, dan juga, P-toluidine karbinol dan seskuiterpen d-kamper.

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat yang terdapat dalam rempah temulawak yang baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Diantaranya, yaitu:

  • Dapat menjadi obat untuk jerawat

Temulawak dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah jerawat. Hal itu karena, temulawak mempunyai sifat astringent. Astringent dapat berfungsi untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan.

  • Dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker dan juga dapat membantu untuk pengobatan penyakit kanker

Temulawak dapat berfungsi untuk membantu pengobatan penyakit kanker. Salah satu penyakit kanker yang dapat dibantu pengobatannya adalah kanker prostat, kanker payudara, dan juga kanker usus.

  • Dapat membantu untuk mengatasi masalah pada sisitem pencernaan seseorang

Manfaat yang terkandung dalam rempah salah satunya dapat membantu untuk mengatasi masalah yang terdapat dalam sistem pencernaan seseorang.

masih banyak lagi khasiat yang terdapat dalam rempah temulawak yang bagus untuk kesehatan tubuh seseorang. Antara lain adalah mengatasi penyakit osteoarthritis dan masih banyak lagi.