Nuzulul Quran : Arti dan Memperingatinya Bagi Ummat Islam

3 min read

Nuzulul Quran Arti dan Memperinagtinya.jpg
0
()

Nuzulul Quran : Arti dan Memperingatinya Bagi Ummat Islam –   Kali Dutadakwah akan menerangkan tentang Nuzulu quran atau turunnya al-quran. Demikian juga tentang memperinagtinya yang biasa diadakan pada bulan ramadhan.

Nuzulul Quran : Arti dan Memperingatinya Bagi Ummat Islam

Nuzulul quran itu artinya Turunnya al-Quran kepada Baginda nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam sebagai mukjizat beliau shollallahu ‘alaihi wasallam untuk dijadikan petunjuka bagi ummat manusia dan sebagai pembeda antara hak dan bathil, untuk lebih jelasnya mari kit abaca ualsannya berikut ini.

Mukodimah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، الـحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَنْزَلَ الْقُرْأَنَ هُدًى لِلنّاسِ وَبَيِّناتٍ مِنَ الهُدى وَالفُرقانِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وعلى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، وَ بَعْدُ

Segala Puji bagi Allah, setiap saat kita senantiasa memuji-Nya, Sholawat salam Allah semoga tetap tercurah atas Beliau Nabi Muhammad Sholallahu ‘alaihi wa salam, yang sangat kita nantikan syafaatnya.

Al-quran merupakan kitab suci ummat islam dan dasar hukum yang pertama dan paling utama. Al-quran adalah wahyu Allah yang diwahyukan kepada baginda nabi agung Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam.

Nuzulul Quran

Nuzulul quran artinya Turunnya Al-quran, dan itu diturunkan oleh Allah pada malam lailatul qodar, sebagaimana Allah berfirman:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan.

Al-makna Wallahu ‘alam bimurodihi, namu yang saya abaca dalam Tafsir Jalalain adalah sebagai berikuit:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya” yaitu menurunkan al-quran seluruhnya sekali turun dari LAUHIL-MAHFUDZ hingga ke langit yang paling bawah “pada mala kemuliaan” yaitu malam Lailatul qodar malam yang penuh dengan kemuliaan dan kebesaran.

Baca Juga :  √ Doa 4 Bulan Kehamilan, Bagian Kedua

Namun turunnya ke bumi itu  bertahap. Turunnya Alquran membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Alquran diturunkan sebanyak 30 juz, 114 surah, 6666 ayat.

Jumlah ayat Quran

Mengenai jumlah ayat ulama berbeda pendapat yaitu; ada yang mengatakan 6000 ayat. Ada juga yang berbeda pendapat lebih dari angka itu. Diantara mereka berpendapat, tidak lebih dari 6 ribu ayat. Ada yang mengatakan, 6204 ayat. Ada yang mengatakan, 6014 ayat. Ada juga yang mengatakan, 6219 ayat. Ada yang mengatakan, 6225 atau 6226 ayat. Dan ada yang mengatakan, 6236 ayat. Pendapat terakhir ini disampaikan oleh Abu Amr ad-Dani dalam kitab al-Bayan. (Tafsir Ibn Katsir, 1/98).

Alquran diturunkan ke bumi tidak sekaligus melaikan secara bertahap. Sedikit demi sedikit, sesuai dengan keadaan permasalahan dan kebutuhan yang terjadi sebagai jawaban kepada umat Muslim.

Mengenai nuzulul quran

Mengenai nuzulul quran atau turunnya al-quran memang terdapat perbedaan, lantas mengapa pada umumnya peringatan Nuzulul quran itu diadakan setiap malam tanggal tujuh belas ramadhan?.

Sependek yang dapat kami ketahui adalah bahwa dasar kaum muslimin didalam memperingati Nuzulul Qur’an pada tanggal 17 Ramadhan dimungkinkan karena pada tanggal itu diturunkannya ayat pertama dari surat al Alaq kepada Nabi Muhammad Sholallahu ‘alaihi wa salam, yaitu:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ ﴿١﴾  خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ ﴿٢﴾ اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ ﴿٣﴾ الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ ﴿٤﴾ عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ ﴿٥﴾﯁

Artinya : ”Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.” (QS. Al A’laq : 1 – 5)

Baca Juga :  √ Puasa Tarwiyah, Niat Puasa Hukum dan Pahalanya (Lengkap)

Al-quran Turun Bulan Ramadhan

Al-quran diturunkan oleh Allah adalah pada bulan ramadhan, sebagaimana dijelaskan dalam al-quran Firman Allah pada surat al-baqarah ayat 185 :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya: bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS. Al-baqarah : 185)

Mengenai hal ini hampir semua ulama sepakat. Namun, para ulama berbeda pendapat mengenai tanggal turunnya Alquran di dalam bulan Ramadan.

Al-Quran Turun Pada Malam Qodar

Lailatul qodar adalah malam yang mulia, Malam lailatul qodar tidak terjadi selain dari bulan Ramadhan, Laitul qodar turun pada malam-malam ganjil, menurut beberapa keterangan ia lebih dimungkinkan adalah di malam tanggal ganjil pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan, namun juga ada keterangan lain adalah ada di malam ganjil sepajang ramadhan.

Akan tetapi yang pasti laquran itu diturnkan oleh Allah pada malam lailatul qodar sebagai mana firman-Nya pada surat al-Qodar ayat 1 sebagai berikut:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ، لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS : Al-qodar : 1 – 5)

Peringatan Nuzulul Quran

Mengenai Peringatan Nuzulul quran yang diadakan setiap tahun tepatnya di bulan ramadhan dan umumnya pada malam tanggal tujuh belas ramadhan, menurut kami kegiatan tersebut adalah perbutan yang baik dan mengandung banyak hikmah serta faidah, meski ada sekelompok lain yang mempunyai pandangan berbeda.

Baca Juga :  √ Pengertian Ukhuwah al-Islamiyah Hak dan Kewajibannya

Peringatan Nuzulul quraan menurut kami itu penting, karena dalam peringatan tersebut tidak ada yang keluar dari syari’at islam, seperti :

  1. Membaca Al-qran
  2. Membaca Sholawat
  3. Mubaligh menyampaikan tentang awal turunnya wahyu dan beberapa hikmah yang terkandung dalam al-quran
  4. Pada akhir acara umumnya ditiutup dengan doa
  5. Jama’ah Mustami’ semua mendengarkan dan Menghayati dan in syaa allah mereka mengamalkan ajaran alquran dalam kehidupan sehari-harinya

Dan kesemuanya itu masuk dalam ajaran agama yang dinilai baik dan pasti berpahala, oleh karena itu Peringatan Nuzulul quran itu tidak ada jeleknya, bahkan itu bagi jama’ah yang mendengarkan masuk dalam kategori mencari ilmu yang jelas hukumnya Tholabul ilmi adalah wajib.

Nuzulul Quran Arti dan Memperinagtinya.jpg
Nuzulul Quran Arti dan Memperinagtinya

Dan setiapa kita mesti meperingati Nuzulul quran, peringatan itu pasti ada manfaatnya bagi orang-orang beriman sebagaimana diterangkan dalam al-quran surat azd-Dzariyat ayat 55 sebagai berikut :

وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَىٰ تَنفَعُ الْمُؤْمِنِينَ

Artinya: Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman. (QS : Adz-Dzariyaat : 55)

Jadi yang bisa mengabil manfa’at dari peringatan itu hanyalah orang-orang yang beiman saja.

Demikian ulasan kami tentang Nuzulul Quran : Arti dan Memperingatinya Bagi Ummat Islam  Semoga bisa membantu bagi saudara-saudariku yang memang membutuhkan ulasan tersebut meski uaraian ini masih belum sempurna, Terimakasih atas kunjungannya.

بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ و الرِّضَا وَالْعِنَايَةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5