Ayat Kursi Arab Indonesia Terjemah Keutamaan

2 min read

Bacaan Ayat Kursi Beserta Terjemahan dan Keutamaannya Lengkap
0
()

Ayat Kursi Arab Indonesia Terjemah Keutamaan  – Pada kesempatan kali ini, Dutadakwah akan menjelaskan salah satu dari ayat Al-Qur’an yaitu ayat kursi. Ayat kursi merupakan ayat ke 255 yang terdapat pada surah Al-Baqarah. Ayat kursi juga diartikan sebagai ayat singgasana, karena ayat disebutkan tentang kuasa Allah SWT, dalam ajaran Islam sendiri ayat ini memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan memiliki banyak keutamaan.

Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa ayat adalah ayat yang mengandung keagungan Allah SWT, ayat ini juga dinamai dengan Ayatul Hifz (Ayat pemelihara), karena siapa yang membaca ayat ini dan menghayati maknanya dapat memperoleh lindungan dari Allah SWT.

Untuk mengetahui bacaan ayat kursi beserta terjemahannya, simak penjelasannya sebagai berikut:

Ayat Kursi Arab Indonesia Terjemah Keutamaan

Bacaan Tulisan Arab

Adapun lafadznya adalah

اَللهُ لَآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Tulisan Indonesia

Allaahu laa illaa huwal-hayyul-qayyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa nauum, lahuu maa fis-samaawaati wa maa fil-ard, man dzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bi syai’im min’ilmihii illaa bimaa syaa’a, wa si’a kursiyyuhus-samaawaati wal-ard, wa laa ya’uudhuhuu hifzhuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘azhiim.

Baca Juga :  Doa Menyembelih Hewan dan Tata Caranya Terlengkap

Terjemahnya

Artinya: “Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada tuhan yang memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang di kehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.” (Q.S Al-Baqarah: 255)

Keutamaannya

Adapun keutamaannya bagi kehidupan kita adalah

1. Ayat Paling Agung Dalam Al- Qur’an

Dari Abu Dzar Radhiallahu Anhu, bahwasannya ia pernah bertanya kepada Rosulullah “Wahai Rasulullah, (ayat) apakah yang paling agung yang diturunkan kepada anda?” Beliau menjawab, “Ayat kursi ‘Allahu lailaha illa huwal hayyul Qayyum.”(HR. An-Nasai)

2. Ayat  Kursi Pembuka Segala Kesusahan

Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa yang belajar Ayat Kursi dan tahu hak-haknya Allah akan membuka 8 pintu syurga untuknya, masuk pintu yang mana saja dipersilahkan.”

Dimana ketika Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam tidak pernah berhenti berdzikir dengan ayat kursi, maka banyak kemenangan yang telah dicapai dalam peperangan serta telah banyak sekali pintu-pintu kemudahan telah dibukakan oleh Allah SWT bagi Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam

3. Dilindungi Oleh Allah SWT

Dengan ini, Allah SWT akan melindungi kita dari berbagai godaan syaitan, kejahatan manusia, binatang buas yang bersifat negatif dan keluarga serta hartanya.

4. Dibukakan Pintu Hikmah dan Rezeki

Dilansir dari kitab “Asraaul Mufidah” Barang siapa yang membacanya sebanyak 18 kali setiap harinya maka Allah akan membukakan dadanya untuk pintu hikmah, dimudahkan rezekinya,serta dinaikan derajatnya oleh allah bukannya hanya di akhirat tetapi juga di dunia.

Baca Juga :  √ Dzikir, Keutamaan Dzikir serta Dalilnya dalam al-Quran Bagian 1

5. Dihilangkan Kefakirannya

Nabi Muhammad SAW bersabda “barang siapa yang pulang kerumahnya dan membaca ayat kursi, Allah akan menghilangkan segala kefakiran di depan matanya”.

6. Dilindungi dari Syaitan dan Kejahatan Para Pembesar

Rasulullah SAW bersabda “Umatku yang membacanya sebanyak 12 kali pada pagi jum’at, kemudian berwudhu dan melaksanakan sholat dua rakaat, Allah memeliharanya dari kejahatan syaitan dan kejahatan pembesar”.

"Bacaan

7. Penyambung Syurga dan Menjaga Diri dan Rumah

Barang siapa yang membacanya setelah sholat, maka tidak ada yang menghalanginya dengan syurga kecuali maut. Dan barang siapa yang membacanya sebelum tidur maka Allah akan menjaganya ke atas rumahnya, rumah jiran dan ahli rumah sekitarnya.

Demikianlah penjelasan mengenai Ayat Kursi Arab Indonesia Terjemah Keutamaan (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5