Arak Yang Dijadikan Cukak, Dan Yang Berubah Dengan Sendirinya

1 min read

Arak Yang Dijadikan Cukak
5
(1)

Arak Yang Dijadikan Cukak, Dan Yang Berubah Dengan Sendirinya – Pembaca yang kami banggakan Dutadakwah akan menerangkan Arak yang dijadikan cuka. Kita mesti fahami antara kata jadi dan dijadikan. Untuk lebih jelasnya mengenai hukumnya maka baca urainnya di bawah ini.

Arak Yang Dijadikan Cukak, Dan Yang Berubah Dengan Sendirinya

Mengenai Arak yang dijadikan cukak dan arak yang telah menjadi cukak jelas berbeda. Dalam pada ini kamia akan sampaikan uraiannya. Secara rinci akan kami tulis penjelasan hukumnya di bawah ini.

Mukadimah

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بِسْمِ اللهِ  الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، الحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، الصَّلَاةُ وَ السَّلامُ  عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ:  أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah Segala puji hanya bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Shalawat dan Salam Allah semoga tetap tercurah ke haribaan Nabi Agung Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Pembaca yang kami banggakan, semoga Allah senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita semua Aamiin. Kita ummat islam beriman tentunya sudah tahu bahwa arak itu haram. Namun bagaimana status hukumnya manakala arak tesebut telah menjadi cukak?. Berikut kami sampaikan keterangnnya.

Hukum Arak Berubah Menjadi Cukak

Jika arak berubah menjadi cukak dengan sendirinya itu berbeda dengan dengan arak berubah menjadi cukak karena dimasuki sesuatu.  Dalam Fiqih Fathul Qorib diterangkan:

(وَاِذَا تَخَلَلَتْ الْخَمْرَةُ) وَهِيَ الْمُتَّخَذَةُ مِنْ مَاءِ الْعِنَبِ مُحْتَرَمَةً كَانَتِ الْخَمْرَةُ اَمْ لَا وَمَعْنَى تَخَلَّلَتْ صَارَتْ خَلًّا وَكَانَتْ صَيْرُورَتُهَا خَلًّا (بِنَفْسِهَا طَهُرَتْ)

Artinya: Ketika arak (tuak) berubah menjadi cukak, yakni tuak yang dibuat dari air anggur baik tuak itu dimulyakan atau tidak dan berubahnya menjadi cukak tersebut adalah dengan sendirinya (tidak diproses). maka ia dapat menjadi suci.

Baca Juga :  Keutamaan Bulan Muharram dan Kelebihannya Dalam Islam

وَكَذَا لَوْ تَخَلَّلَتْ بِنَقْلِهَا مِنْ شَمْسٍ اِلَى ظِلٍّ وَعَكْسِهِ. (وَاِنْ)لَمْ تَتَخَلَلْ الْخَمْرَةُ بِنَفْسِهَا بَلْ (تَخَلَلَتْ بِطَرْحِ شَيْئٍ فِيْهَا لَمْ يَطْهُرْ) وَاِذَا طَهُرَتْ الْخَمْرَةُ طَهُرَ دَنُّهَا تَبَعًا

Demikian juga bila tuak itu berubah menjadi cukak dengan dipindahkannya dari tempat yang panas (karena matahari). atau sebaliknya, maka ia berstatus suci pula.

Jika tuak itu tidak menjadi cukak dengan sendirinya, tetapi ia jadi cukak sebab dimasuki sesuatu benda di dalamnya, maka hukumnya tidak suci. Dan ketika tuak itu menjadi suci maka suci pulalah tempatnya karena mengikuti kepada tuaknya.

Hukum Arak Yang Dijadikan Cukak

Sebagaimana telah diterangkan dalam Fiqih, bahwa bila khamer itu jadi cukaknya karena diproses maka tetap haram dan tidak suci. Hal ini cukup jelas dioterangkan dalam fiqih.

Diterangkan dlam Hadits sbagai berikut:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْخَمْرِ تُتَّخَذُ خَلًّا ؟ قَالَ : لَا أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ وَالتِّرْمِذِيُّ وَقَالَ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Artinya: Anas Ibnu Malik Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam pernah ditanya tentang khamar (minuman memabukkan) yang dijadikan cukak. Beliau bersabda: “Tidak boleh”. Riwayat Muslim dan Tirmidzi. Menurut Tirmidzi hadits ini hasan dan shahih.

Arak Yang Dijadikan Cukak
Arak Yang Dijadikan Cukak

 

Demikian ulasan ringkas tentang Arak Yang Dijadikan Cukak, Dan Yang Berubah Dengan Sendirinya – Semoga bermanfaat. Mohon utnuk diabaikan saja uraian kami ini, jika pembaca tidak sependapat.Terima kasih atas kunjungannya. Wallahu A’lamu bish-showab wa billahit-taufiq.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5